Selasa, 13 Januari 2015

PROPOSAL PEMBUATAN BIDAN PRAKTIK MANDIRI (BPM).




KEWIRAUSAHAAN DAN KEPEMIMPINAN
PROPOSAL PEMBUATAN BPM



Disusun Oleh      :
Annisa Raudhatul Jannah
12151054

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
2013/2014




Papan nama praktik memuat nama bidan, alamat tempat praktik, nomor SIPB dan waktu praktik. Ukuran 40 cm x  60 cm dengan warna dasar putih dan tulisan hitam.




LOGO BIDAN DELIMA


A.          LATAR BELAKANG
Bidan sebagai seorang pelaksana atau pemberi layanan kesehatan (health provider) sangat berpengaruh pada perkembangan kesehatan dan perubahan pola hidup masyarakat di Indonesia. Peranan bidan sebagai role model masyarakat dapat menjadi motivator serta fasilitator untuk membentuk sebuah peradaban dan tatanan sebuah pelayanan kesehatan. Pada era globalisasi saat ini, tenaga kesehatan dituntut untuk menuju puncak yang lebih baik, mampu bersaing dan melakukan perubahan terhadap kesehatan di Indonesia.
 Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan angka kematian ibu (AKI) yang relatif masih tinggi dan permasalahan tersebut masih sulit untuk diatasi. Kualitas manusia, diantaranya ditentukan oleh keturunan. Manusia yang sehat dilahirkan oleh ibu yang sehat. Sejak konsepsi hingga lansia, bidan sangat berkontribusi dalam pembentukan generasi yang kuat, berkualitas dan produktif. Penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita merupakan indikator keberhasilan pelayanan kesehatan.  Salah satu upaya pencegahannya adalah melakukan persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat memberikan pelayanan paripurna, serta dapat mempromosikan dan menyediakan pelayanan yang berkualitas .
Selain berkontribusi penting pada ibu dan anak, bidan dituntut umtuk dapat mengatasi permasalahan remaja dalam pemahaman kesehatan reproduksi, pasangan usia subur, serta lansia dalam menghadapi perjalanan akhir hidupnya. Oleh sebab itu, kami merancang BPM (Praktik Bidan Mandiri) sebagai penyedia layanan kesehatan yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak tetapi dapat merangkul masyarakat untuk membangun masyarakat yang peduli dengan kesehatan dan dapat berprilaku hidup sehat.
Pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat tak hanya pelayanan umum kebidanan seperti ANC dan Bersalin saja, akan tetapi hadir dengan konsep baru yang lebih menarik dan berkualitas. BPM kami menambahkan beberapa sarana dan program rutin seperti “ Bulan ANC Gratis, Hypnobirthing, Yoga for Pregnancy, Study for Golden Age, Family Planning Award, Day of Lansia,dan  Duta Anti Narkoba,HIV/AIDS and Free Sex”. Kami harap dengan sarana dan program yang kami berikan, masyarakat pengguna jasa layanan bidan dapat memperoleh akses pelayanan yang bermutu dari standarisasi pelayanan praktik kami, memberikan inovasi yang baru kepada masyarakat, agar masyarakat lebih tertarik untuk kehidupan yang lebih sehat dan terencana.

B.         VISI, MISI, DAN TUJUAN RENCANA USAHA

Visi           : Membangun  karakteristik masyarakat yang dapat berprilaku hidup sehat, sejahtera dan terencana.
Misi     :
1.      Menurunkan AKI dan AKB di Indonesia
2.      Mengurangi komplikasi yang disebabkan karna rendahnya kualitas pelayanan kesehatan.
3.      Memperbaiki Sistem Rujukan dan akses pelayanan kesehatan.
4.      Membangun masyarakat yang dapat berperan sebagai penentu kesehatan diri sendiri, keluarga, serta lingkungan.
Tujuan Rencana Usaha        :
1.      Agar masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah, berkualitas, dan tetap ekonomis.
2.      Agar masyarakat lebih mengenal dan peduli dengan prilaku hidup sehat seperti rutin ANC, tidak takut dengan proses bersalin, mengenal manfaat imunisasi dan asi ekslusif, mau berkontribusi dalam penggunaan alat kontrasepsi, serta remaja dan lansia dapat berperan aktif untuk kehidupan yang lebih baik.
3.      Dapat membantu pemerintah dalam pengaturan program kesehatan ke arah yang lebih baik dan berkualitas.


C.         ANALISIS SWOT

FAKTOR INTERNAL
Kekuatan ( Strength)
Kelemahan ( Weakness)
1.    Telah menyelesaikan Program S1 Kebidanan
2.    Diakui Pemerintah sebagai Bidan Delima
3.    Mengetahui pengetahuan secara tekhnis maupun non tekhnis.
4.    Memiliki modal dan sistem manajemen yang baik.
5.    Dapat melaksanakan komunikasi dan konseling yang baik dengan masyarakat.

1.    Sering terganggu dengan rasa jenuh dan lelah.
2.    Terbatasnya Sumber Daya Manusia yang direcruit sesuai standar.
3.    Karyawan masih kurang kerja sama dan tidak solid.


FAKTOR EKSTERNAL
Peluang (Opportunity)
Ancaman (Threats)
1.    Tempat dan lahan pembangunan praktik strategis.
2.    Memiliki sarana dan program kesehatan yang berbeda dengan BPM lainnya.
3.    Mendapat dukungan dari kebijakan pemerintah dan lingkungan sekitar.
1.   Masih terbatasnya pengetahuan masyarakat dengan program yang diberikan
2.   Jarang dilakukan evaluasi hasil dari pemerintah.

D.         INOVASI/ UNGGULAN LAYANAN

BPM ANNISA RAUDHA mengharapkan masyarakat dapat menikmati sarana dan program yang akan dilaksanakan agar masyarakat lebih tertarik dan mau berpartisipasi dalam menata pola hidup sehat. Selain pelayanan umum yang sesuai standar kebidanan seperti, ANC,INC,PNC,BBL,KB, dan KESPRO. Sarana dan Program yang diberikan ialah :
1.      Bulan ANC Gratis
Bulan ANC Gratis ini ialah program yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Ante Natal Care (ANC) dengan kualitas baik dan gratis serta meningkatkan antusiasme para ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya agar dapat dilakukan deteksi dini untuk menangani  permasalahan yang lebih lanjut. Program ini bekerjasama dengan pemerintah setempat dan Asuransi kesehatan setempat yang memiliki tujuan dan program yang sama. Bulan ANC Gratis ini akan diadakan setiap 3 bulan sekali.
2.      Hypnobirthing
Hypnobirthing adalah salah satu cara untuk mempersiapkan persalinan yang alami, nyaman, dan lancar sehingga tidak merasakan sakit. Relaksasi adalah dasar untuk melakukan hypnobirthing dibarengi dengan tekhnik afarmasi dan visualisasi. Tekhnik afarmasi dilakukan dengan mengulang-ngulang kalimat positif sedangkan visualisasi adalah penggambaran atau menghayal hal-hal yang indah untuk mengurangi rasa sakit. Hypnobirthing dilaksanakan setiap proses persalinan, agar pasien merasa lebih nyaman kami menambahkan wewangian minyak lavender atau minyak zaitun pada ruang bersalin dan telah terkonsep agar ibu lebih merasa rileks.
3.    Yoga For Pregnancy
Yoga for pregnancy adalah exercise ringan yang melatih ibu hamil untuk mencapai keseimbangan antara tubuh yang sehat, pikiran yang jernih dan emosi yang stabil. Yoga dapat dilakukan dari awal kehamilan hingga akhir kehamilan. Manfaat yang didapatkan sangat banyak dari melancarkan peredaran darah, mengurangi keluhan morning sickness, melatih pernapasan, meningkatkan konsentrasi, melatih ketenangan dsb. Yoga for pregnancy ini dilaksanakan setiap hari jum’at, sabtu, dan minggu pukul. 15.00 WIB di BPM Annisa Raudha dan bekerja sama dengan instruktur yoga setempat.

4.      Study for Golden Age
Study for Golden Age adalah program belajar dan bermain ringan untuk anak dalam menghadapi periode keemasan tumbuh kembang dari 0-3 tahun. Pada periode keemasan tersebut pertumbuhan otak berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, BPM Annisa Raudha bekerja sama dengan para ibu untuk melatih 4 aspek pada tumbuh kembang anak, mulai dari bahasa, memori, pendengaran, dan penglihatan yang dinilai melalui motorik halus, motorik kasar, personal sosial dan bahasa. Tujuan dilaksanakan program pembelajaran Study for Golden Age ini diharapkan dapat membangun generasi yang lebih berkualitas sejak dini. Kelas Study for Golden Age ini dibuka setiap minggu pagi pukul. 10.00 WIB.

5.      Family Planning Award
Family Planning Award adalah penghargaan yang diberikan kepada salah satu keluarga yang dapat mengaplikasikan dan mengatur perencanaan kehamilan dengan baik. Family Planning Award ini akan diselenggarakan bertepatan dengan hari kontrasepsi sedunia pada tanggal 26 September setiap tahunnya.
Selain pengaturan kehamilan yang baik, aspek yang dinilai juga dari PHBS ( perilaku hidup bersih sehat) seperti pengelolaan sampah, kategori rumah sehat, dan keluarga yang dapat berperan aktif dalam kerjasama lingkungan. Program ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat dan BKKBN. Bagi keluarga yang menerima penghargaan mendapatkan fasilitas KB gratis selama 1 tahun. Tujuan dari penyelenggaraan program ini adalah untuk mendukung masyarakat untuk lebih tertarik dengan penggunaan alat kontrasepsi dan mau berpartisipasi dalam hal tersebut agar tercapainya kehidupan yang lebih berkualitas dan terencana.

6.      Day of Lansia
Day of lansia adalah hari khusus untuk lebih dekat dengan para lansia yang diselenggarakan setiap 6 bulan sekali. Tujuan penyelenggaraan program ini untuk mengatasi permasalahan lansia di hari tua mulai dari fisik, psikologi, serta sosial. Pada day of lansia ini akan diadakan senam bersama, pemeriksaan rutin kesehatan(posyandu lansia), penyaluran bakat dan kreatifas ( Membuat anyaman, rajutan, kue, dsb) serta seminar humor agar para lansia tidak jenuh dan tetap semangat dalam menghadapi perjalanan hidupnya.

7.      Duta Anti Narkoba, HIV/AIDS, dan Free Sex
Program ini diselenggarakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan reproduksi di Indonesia dan para remaja dapat berperan aktif terhadap perkembangan fisik, psikologis, serta sosial mereka agar dapat tumbuh, berfungsi, serta berperan untuk suatu perubahan . Pemilihan duta ini akan dilaksanakan setiap 3 tahun sekali dan dipilih dari remaja yang memiliki permasalahan hidup seperti putus sekolah, anak jalanan, yatim piatu, dsb. Setelah dipilih remaja tersebut akan diberikan pengajaran tentang kesehatan reproduksi, bahaya dan dampak dari narkoba serta free sex. Setelah itu, mereka akan diberi challenge dan yang terpilih akan disekolahkan/ diberi lapangan pekerjaan untuk suatu perubahan yang lebih baik. Program ini telah disetujui oleh pemerintah setempat dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan kepolisian setempat.

E.      JENIS LAYANAN DAN HARGA-HARGA
No
Jenis Pelayanan
Tarif
1.
Pelayanan ANC
a.    Kunjungan kehamilan
b.    cek lab
c.    Yoga for pregnancy/bulan
d.   Imunisasi TT

Rp. 20.000
Rp. 50.000
Rp. 55.000
Rp.  25.000
2.
Pelayanan Persalinan
a.     Proses persalinan
b.     Perawatan Nifas

Rp. 500.000
Rp.    15.000
3.
Pelayanan Kunjungan Nifas
a.         Pemeriksaan nifas + Senam

Rp. 30.000
4.
Pelayanan Imunisasi
      a         BCG
      b        Polio
      c         Hepatitis B
      d        DPT-HB
      e         Campak
Study for Golden Age/bulan

Rp.       20.000
Rp.       20.000
                        Rp.       20.000
                     Rp.       20.000
                     Rp.       20.000
                     Rp.       50.000
5. 
Pelayanan KB
        a         Pil
        b        KB suntik 1 bulan
        c         KB suntik 3 bulan
        d        IUD
              1)      Pasang IUD
              2)      Kontrol IUD
              3)      Lepas IUD                        
       e         Implan
            Lepas Implant
       f         Kondom

Rp.      15.000
                Rp.      20.000
                Rp.      25.000

Rp.   250.000
Rp.      20.000
                Rp.      50.000
                Rp.      65.000
                Rp.      50.000
                Rp       10.000
6.
Pasien umum
Periksa

                Rp.      20.000


NB      : Program Pelayanan dari pemerintah tidak dipungut biaya apapun.


F.TEMPAT/LOKASI USAHA
Sesuai dengan PERMENKES NOMOR 1464/MENKES/PER/X/2010 dan
KEPMENKES RI NO. 900/MENKES/SK/VII/2002.
BPM Annisa Raudha membangun BPM dengan luas tanah m x m
di Jln. Red Ambarukmo No.12 Kebayoran baru, Jakarta Selatan


BPM Annisa Raudha berada pada lokasi yang mudah diakses dan strategis. Tidak berada dekat dengan pelayanan lainnya ataupun dekat dengan kebisingan kota seperti di samping mall, pusat perbelanjaan, dll. BPM Annisa Raudha memiliki 16 Ruangan, dan setiap ruang minimal memiliki diameter 2 x 3 meter dan memiliki penerangan/ ventilasi yang cukup, terdiri dari :
1.      Ruang register : Tempat pasien pengisian data (Rekam Medik pada pasien baru atau lama), alasan datang dan keluhan Utama.
2.    Ruang Tunggu     : Ruang tunggu sebelum dilakukan pemeriksaan
3.    Ruang ANC          : Ruang periksa atau pelayanan Ante Natal Care melakukan asuhan kebidanan mulai Anamnesa (pasien lama : menanyakan hal yang lebih berfokus pada keluhan pasien untuk lebih mendalami, pasien baru : ditanyaan hal yang lebih spesifik) , Px. fisik (head to toe, Palpasi Abdomen, DJJ, Pengukuran TBJ), pemeriksaan penunjang (Jika diperlukan : pemerisaan kadar Hb, kadar gula darah, PP test, protein urine), penegakan diagnosa sesuai keluhan dan hasil pemeriksaan.
4.        Ruang KIE         : Ruang Konseling dengan pasien. (konseling ANC,KB,KESPRO,dsb)
5.      Ruang VK       : Ruang penatalaksanaan Intra Natal Care (INC), mulai dari kala 1 hingga lahirnya bayi.
6.        Ruang Nifas        : Ruang Perawatan setelah partus/ PNC, dilengkapi dengan box bayi.
7.        Ruang KB           : Ruang penatalaksanaan penggunaan KB ( Suntik,IUD,Implan,dsb)
8.        Ruang Kespro    : Ruang penatalaksanaan Pap Smear dan IVA Test
9.        Mushola              : Tempat beribadah bagi umat muslim.
10.    Ruang Yoga        : Ruang penatalaksanaan Yoga for Pregnancy, dilengkapi dengan 10 matras, sound system, dan full kaca.
11.    Ruang Study for Golden Age   : Ruangan yang dirancang seperti taman bermain, untuk proses pembelajaran periode emas tumbuh kembang anak.
12.    Dapur Umum            : Penyediaan makanan dan minuman
13.    Steril Alat                  : Ruangan untuk sterilisasi alat
14. Ruang pertemuan : Ruangan Multifungsi untuk mendukung setiap program yang akan dilaksanakan.
15.    Loket pembayaran & pengambilan obat : tempat pembayaran setelah melakukan pemeriksaan dan pengambilan obat.
16.    WC          : BAK & BAB


G.         STRATEGI PEMASARAN PRODUK
Dalam strategi pemasaran produk BPM Annisa Raudha menggenalkan program dan sarana kesehatan dengan pembuatan brosur dan iklan . Tujuannya untuk mengenalkan serta memudahkan masyarakat mengetahui tentang program dan pelayanan kesehatan yang ditawarkan. Strategi produk yang diciptakan memiliki motto yaitu :
QUALITY, EXCELLENT, AND ECONOMIS.
Ada 4 strategi yang digunakan yaitu strategi produk, strategi harga, strategi lokasi dan strategi promosi.
Strategi Produk           : menciptakan motto yang mudah dikenal oleh masyarakat.
Strategi harga              : menawarkan harga 5% lebih murah.
Strategi Lokasi             : berada di lingkungan PUS yang tinggi dan tempat strategis serta mudah dijangkau.
Strategi Promosi          : Membuat brosur dan memasang iklan.

H.         KELAYAKAN USAHA
1.      Aspek Hukum
·      BPM Annisa Raudha memiliki SIPB yang telah disahkan pemerintah dan jangka waktu masih berlaku.
·      Memiliki IMB ( Izin Membangun Bangunan) dan Sertifikat Tanah lengkap
·      Memiliki Surat Keterangan Kepala Puskesmas Wilayah Setempat Praktek
·      Pemilik memiliki Surat Pernyataan tidak sedang dalam sanksi profesi/ hukum.
·      Memiliki Surat Keterangan Ketua Ranting IBI Wilayah
·      Masing-masing karyawan bidan memiliki SIKB
·      Dan dokumen-dokumen lain yang mendukung pembangunan BPM
2.      Aspek pemasaran
·      Berada dilingkungan yang strategis dan mudah diakses
·      Memiliki pasien yang 70 % antusias terhadap program yang dijalankan
·      Jumlah PUS, Pengguna KB, dan Lansia tinggi.

3.             Aspek Keuangan
TOTAL DANA BERSIH ( MODAL)
a.    Modal membangun BPM (bersih)                                      Rp.  90.000.000,-
b.    Listrik, PDAM, Telephone, TV Kable, Speedy,WIFI       Rp.  10.000.000,-
c.    Pengadaan Alat
1.    Peralatan Tidak Steril                                                    Rp.  29.589.500,-
2.    Peralatan Steril ( DTT)                                                  Rp.    2.335.500,-
3.    Bahan Habis Pakai                                                        Rp.    1.635.000,-
4.    Peralatan pencegahan infeksi                                        Rp.    2.825.000,-
5.    Peralatan Lain(Elektronik,Barang Inventaris,dll)          Rp.109.142.000,-
6.    Linen (Selimut pasien,Sprei,Sarung bantal,dll)             Rp.       680.000,-
7.    Obat-obatan (KB,Imunisasi,Analgetik Antipiretik,dsb)Rp.   28.135.000,-
8.    Laundry ( Detergen,Pemutih,Pengharum)                    Rp.        861.000,-
d.   Gaji Pegawai (per bulan)                                                    Rp.     5.501.000,-
TOTAL                                                                             Rp.280.704.000,-

Jadi, Modal  awal Rp.500.000.000,- dikurangi pengeluaran Rp.280.704.000,-
Sisa Rp.219.296.000,- sebagai kas awal.

 I.      JENIS DAN JUMLAH TENAGA YANG DIBUTUHKAN
Kriteria/ persyaratan yang telah ditentukan meliputi;
a.    Bag. Administrasi/ Registrasi Awal pasien (2 orang)
b.    Bidan (memiliki STR, SIKB, Kompeten) (4 orang)
c.    Pembantu rumah tangga ( Wanita 2 orang, sehat jasmani & rohani, umur 28-37 tahun, dapat melakukan aktifitas rumah tangga seperti penyediaan pakaian bersih, makanan & minuman, alat sterilisasi, dsb.)
d.   Cleaning Service ( Pria maupun wanita 2 orang, sehat jasmani & rohani, umur 28-37 tahun)
e.    Supir dan Security ( Pria 2 orang, dapat mengendarai mobil ataupun motor, memiliki SIM A dan SIM C, sehat jasmani & rohani, umur 28-37 tahun)

Kriteria/Persyaratan Recruitment Bidan
·      Telah menyelesaikan program minimal DIII. Kebidanan
·      Menjadi anggota IBI
·      Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.
·      Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang telah di legalisir
·      Memiliki Surat Ijin Bidan (SIB) atau SIPB  yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota yang seterusnya akan disampaikan laporannya kepada Kepala Dinas Kesehatan Propinsi setempat dengan tembusan kepada organisasi profesi setempat.
·      Memiliki Surat Domisili tempat tinggal setempat ( KTP,KK,dll)
·      Memiliki Surat Keterangan Sehat dari pelayanan setempat/ telah lulus check up kesehatan.
·      Memiliki Surat Kelakuan Baik atau tercatat tidak sedang dalam sanksi profesi/ hukum.
·      Membuat Surat Perjanjian sanggup mematuhi perjanjian yang tertulis
·      Memiliki Surat Keterangan Ketua Ranting IBI Wilayah bahwa telah terdaftar menjadi anggota IBI
·      Membuat surat perjanjian mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan/saling tukar informasi dengan sesama bidan,serta dapat mengikuti kegiatan-kegiatan akademis dan pelatihan sesuai dengan bidang tugasnya, baik yang diselenggarakan pemerintah maupun oleh organisasi profesi.
·      Menyanggupi persyaratan untuk memelihara dan merawat peralatan yang digunakan untuk praktek agar tetap siap dan berfungsi dengan baik serta sanggup untuk mengganti apabila ada kerusakan atau kecacatan ketika dalam proses pelayanan berlangsung.

Kriteria/persyaratan recruitment bag.Administrasi :
·      Minimal S1 Manajemen atau Ekonomi.
·      Wanita
·      Umur 20-29 tahun
·      Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.
·      Memiliki Surat Domisili tempat tinggal setempat ( KTP,KK,dll)
·      Memiliki Surat Keterangan Sehat dari pelayanan kesehatan setempat
·      Tidak buta warna
·      Mampu berbahasa inggris dengan baik.
·      Memiliki Surat Kelakuan Baik atau tercatat tidak sedang dalam sanksi profesi/ hukum.

Memiliki pengetahuan baik tekhnis maupun non tekhnis ( bagi bidan)
Secara tekhnis :
1.      Menguasai standar Pelayanan Kebidanan (24 Item) secara teori maupun praktik.
2.       Menguasai seluruh Kompetensi Kebidanan mulai dari konsepsi ,ANC ,INC, PNC, BBL, KESPRO, KB, KOMUNITAS secara teori dan praktik.
3.      Menguasai minimal bahasa inggris dan bahasa indonesia secara aktif dan pasif.
4.      Memiliki minimal 10 Sertifikat yang ber-skp dari IBI setempat dan sesuai kompetensi bidan.
5.      Memiliki Curriculum Vitae/ pengalaman kerja sebelumnya minimal di dua tempat pelayanan kesehatan.

Non tekhnis           :
a.                                                                                                    Memiliki wajah yang menarik
b.                                                                                                   Memiliki solidaritas yang tinggi
c.                                                                                                    Pandai bersosialisasi
d.                                                                                                  Memiliki rasa humor
e.                                                                                                   Kreatif dan inovatif
f.                                                                                                 Murah senyum, ramah dan santun
g.                                                                                               Tekun, teliti, dan aktif.


K.Sumber Acuan
Kasmir. Kewirausahaan. PT RajaGrafindo persada. Jakarta, 2007

Adisasmita, Rahardjo. MEMBANGUN DESA PARTISIPATIF. Yogyakarta, 2006

3 komentar:

  1. terima kasih.. sangat membantu
    ohh iyaa.. ada contoh proposal untuk buka Klinik BPM gag??
    mohon share dong.. retimakasih yaa

    BalasHapus